Architecture

Kriteria Rumah Ideal, Antara Fungsi Dan Keindahan

Kriteria rumah yang ideal umumnya akan berbeda-beda pada setiap invidu ataupun keluarga. Hal ini dikarenakan kebutuhan ruang pada tiap keluarga tidak sama. Selain itu, selera tiap invidu terhadap bentukan fisik sebuah bangunan juga berbeda. Serta perbedaaan lainnya yang cenderung bersifat subjektif.

 

Bamboo house@thailand, source: livingasean.com

Namun, sadarkah teman-teman bahwa dibalik perbedaan tersebut terdapat kriteria umum dalam membangun rumah ideal. Melalui tulisan ini, saya sebagai arsitek ingin mengajak teman-teman untuk memahaminya. Berikut adalah penjelasan masing-masing kriteria tersebut:

Ketahanan

Rumah ideal ditinggali sepanjang hidup manusia, karena itu harus memiliki daya tahan yang lama. Daya tahan tersebut dihasilkan dari rangkaian struktur yang kuat. Selain itu, pemilihan yang tepat terhadap jenis material akan bepengaruh terhadap daya tahan bangunan. Rumah ideal harus memiliki daya tahan lama agar layak dan aman dihuni.

 

Bamboo house@thailand, source: livingasean.com

Fungsi

Pengaturan ruang merupakan salah satu kunci utama agar rumah dapat berfungsi dengan baik. Pengaturan ruang akan menghasilkan pengaturan bukaan seperti jendela dan pintu. Dengan terciptanya bukaan maka ruang akan mendapatkan kualitas udara dan pencahayaan alami. Sehingga pengaturan ruang yang baik dapat menekan penggunaan pencahayaan buatan yang berlebihan. Bahkan seharusnya mampu meniadakan pendingin udara di dalam rumah.

 

Bamboo house@thailand, source: livingasean.com

Faktor ketahanan dan fungsi merupakan dua urutan kriteria yang wajib didahulukan dibanding kriteria lain. Dua kriteria ini menentukan apakah seseorang dapat tinggal dengan nyaman atau tidak di dalam rumah. Jadi, sebelum melihat kriteria lain, cek dahulu apakah dua kriteria ini sudah dilakukan dengan baik atau belum.

Keindahan

Keindahan rumah ideal adalah keindahan yang tampak karena telah memenuhi proporsi dan keseimbangan tubuh manusia. Pada dasarnya setiap bagunan sudah memiliki keindahannya tersendiri jika sudah mengikuti kaidah tersebut. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadarinya. Justru banyak orang mengejar keindahan dari apa yang dilihat semata. Namun, tidak salah jika ingin mengejar keindahan sesuai selera indra, selama kriteria utama tidak dikesampingkan.

 

Bamboo house@thailand, source: livingasean.com

Rumah ideal mengedepankan prinsip ketahanan dan fungsi sebelum mencapai keindahan. Rumah ideal, bahkan bangunan apa pun, bukanlah sekedar dinikmati secara kasat mata. Tapi lebih dari itu, rumah dinikmati ruang demi ruangnya oleh seluruh indra tubuh.

Dari sekian banyaknya keinginan hendaknya kita mendahulukan kebutuhan yang pokok dalam membangun rumah ideal. Sampai di sini, semoga tulisan ini membawa pencerahan bagi teman-teman sekalian. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *